Kisah Inspirasi Hikmah

Kisah Pemuda yang Tidak Tergoda Rayuan Maut Wanita

Kisah Pemuda yang Tidak Tergoda Rayuan Maut Wanita

Godaaan wanita memang nomor satu beratnya bagi laki-laki, di mana pun tempatnya dan kapan pun waktunya. Awalnya memang dari hal kecil, yakni pandangan. Mmengumbar pandangan bagai secangkir arak (tuak, minuman keras) dan 'isyq (cinta) adalah rasa mabuk akibat minuman tersebut. Sementara, mabuk karena 'isyq lebih hebat daripada mabuk karena khamr. Sebab, orang mabuk karena minuman keras mungkin akan sadar, tetapi mabuk karena 'isyq amat jarang menjadi sadar kecuali ketika dia di ambang kematian.
Kisah Pemuda yang Tidak Tergoda Rayuan Maut Wanita
Kisah Pemuda 'Atha' bin Yasar rahimahullahu

Pernah pula di kalangan tabi'in yang mengalami ujian seperti ini. 'Atha' bin Yasar, saudara Sulaiman bin Yasar. Dalam riwayat hidup beliau, diceritakan:

Suatu hari dia berangkat dari Madinah bersama saudaranya Sulaiman dan beberapa sahabat mereka. Kemudian mereka singgah di Abwa' dan membuat kemah. Di daerah itu ada seorang wanita badui yang cantik jelita yang ingin menimbulkan fitnah pada 'Atha' bin Yasar. Maka masuklah wanita itu ke dalam tenda di saat 'Atha' tinggal sendirian. Ketika itu beliau sedang shalat, maka beliau pun mempercepatnya karena mengira wanita itu sedang dalam keperluan.

Setelah itu beliau bertanya kepada wanita itu: "Engkau ada keperluan?"
"Ya," kata wanita itu.
"Apa itu?"tanya 'Atha'.
"Bangun dan gauli saya. Saya tidak bersuami," jawab wanita itu.
"Pergilah dari sini. Jangan kau bakar aku dan dirimu dengan api neraka," kata 'Atha'. Lalu mulailah beliau menangis sampai tersedu-sedu.

Melihat 'Atha' menangis, wanita itu tersentuh, lalu ikut pula menangis mendengar nasihat yang diucapkan 'Atha' tadi. Akhirnya wanita itu pun duduk menangis. Dua orang laki-laki dan perempuan itu menangis hebat. Kemudian datanglah Sulaiman bin Yasar dan melihat dua orang ini sedang menangis. Dia tidak tahu apa yang tadi terjadi. Tapi jiwanya ikut terdorong untuk menangis menyaksikan keadaan mereka berdua. Tak lama datang pula sahabat mereka lalu masuk ke dalam tenda. Mereka melihat ada seorang wanita menangis bersama 'Atha' dan Sulaiman yang juga menangis. Mereka pun terpengaruh, lalu ikut menangis tanpa tahu ada kejadian apa sebelum ini.

Akhirnya, semua terduduk sambil menangis tersedu-sedu. Setelah tenang, wanita itu bangkit dan pergi. Kemudian yang lain pun berdiri dan beranjak dari tempat itu. Semuanya pergi ke tempat tidurnya. Sementara Sulaiman merasa segan bertanya kepada saudaranya ada yang terjadi?

Hari-hari berlalu. Suatu ketika mereka safar ke Mesir. Pada malam harinya, di sebuah kamar, 'Atha' terbangun sambil menangis. Mendengar isak tangis saudaranya, Sulaiman tergugah dari tidurnya. Beliau bertanya kepada 'Atha': "Apa yang menyebabkan engkau menangis, wahai saudaraku?

Tangis 'Atha' semakin keras. Sulaiman kembali bertanya: "Apa yang menyebabkan engkau menangis, wahai saudaraku?"
"Mimpi yang baru saja kulihat malam ini," kata 'Atha'.

"Mimpi apa?" tanya Sulaiman. Lalu beliau terus mendesak agar 'Atha' menceritakannya. Maka 'Atha' meminta kesepakatan dan janji saudaranya untuk tidak menceritakannya selama dia masih hidup.

Kata 'Atha': "Aku melihat Nabi Yusuf dalam mimpiku. Mulailah aku memandang beliau. Ketika aku melihat eloknya rupa beliau, aku menangis –dalam mimpi–. Beliau pun memandangku dan berkata: 'Apa yang menyebabkan engkau menangis, wahai fulan?'
Aku berkata: 'Demi bapak dan ibuku tebusanmu, wahai Nabi Allah. Aku teringat engkau dan istri pembesar itu serta ujian yang engkau alami dengannya. Penjara yang engkau rasakan, perpisahanmu dengan Nabi Ya'qub, maka aku pun menangis karenanya'."
Aku merasa takjub kepada beliau.

Beliau pun berkata: 'Akulah yang mestinya takjub dengan lawan wanita badui di Abwa' itu?' Aku tahu apa yang beliau maksud, maka aku pun menangis dan terbangun sambil terus menangis. Kemudian 'Atha' rahimahullahu menceritakan pula kisahnya dengan wanita badui di Abwa.

Kisah ini disimpan oleh Sulaiman bin Yasar sampai 'Atha' meninggal dunia. Setelah 'Atha' meninggal dunia, dia pun menceritakan kisah ini hingga menjadi terkenal di Madinah.

Sulaiman bin Yasar sendiri adalah seorang yang gagah dan rupawan. Suatu hari, seorang wanita masuk ke dalam rumahnya dan merayunya agar menggauli dirinya. Tapi Sulaiman menolak. Wanita itu berkata kepadanya: "Kalau begitu aku akan mempermalukanmu."

Akhirnya, Sulaiman melarikan diri keluar dari rumahnya, dia biarkan rumah itu untuk si wanita.

Kisah Abu Bakr Al-Miski rahimahullahu

Lain lagi dengan Abu Bakr Al-Miski. Dia digelari Al-Miski (berbau misik/minyak wangi) karena sebuah kejadian. Ada seorang wanita meminta agar Abu Bakr masuk ke dalam rumahnya. Abu Bakr adalah seorang pedagang. Maka beliau pun masuk. Ternyata wanita itu menginginkan perbuatan yang haram. Untuk itu, dia (wanita tersebut) tutup pintu rumahnya. Lalu apa yang dilakukan Abu Bakr?

Dia bekata: "Saya ingin ke kamar kecil." Kemudian di dalam kamar mandi (WC) dia melaburi tubuhnya dengan kotoran dan keluar dari kamar mandi. Wanita itu menjauh darinya lalu membuka pintu rumahnya, akhirnya Abu Bakr pun keluar meninggalkan wanita itu. Sejak saat itulah tubuhnya berbau misik (meskipun tidak menggunakan minyak wangi). Wallahu a'lam.

Yang terakhir, jatuh cinta karena semata rupa yang elok termasuk hal-hal yang disebabkan oleh unsur kesyirikan. Semakin jauh seseorang dari keikhlasan, semakin dekat kepada kesyirikan, maka cintanya kepada rupa yang elok semakin kuat. Semakin kuat tauhid dan keikhlasan seseorang semakin jauh dia dari godaan rupa yang elok. Kenyataan inilah yang menjerumuskan istri pembesar kepada apa yang diceritakan Allah Subhanahu wa Ta'ala, yaitu syirik yang ada padanya. Sedangkan Nabi Yusuf q selamat dari perbuatan tersebut karena keikhlasannya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

كَذَلِكَ لِنَصْرِفَ عَنْهُ السُّوءَ وَالْفَحْشَاءَ إِنَّهُ مِنْ عِبَادِنَا الْمُخْلَصِينَ

"Demikianlah, agar Kami memalingkan darinya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih." (Yusuf: 24)

Kata السُّوءَ (kemungkaran) di sini bermakna al-'isyq (cinta) sedangkan الْفَحْشَاءَ (kekejian) adalah perbuatan zina. Orang yang mukhlash ialah orang yang memurnikan cintanya karena Allah Subhanahu wa Ta'ala, sehingga Allah Subhanahu wa Ta'ala pun membersihkannya dari fitnah 'isyq terhadap rupa. Dan orang yang musyrik, hatinya terpaut kepada sesuatu selain Allah Subhanahu wa Ta'ala, tidak membersihkan tauhid dan cintanya karena Allah Subhanahu wa Ta'ala. Wallahul Muwaffiq.

Berbagi itu Berkah:

1 komentar

3-OCT TIGER in Leg Iron Rod In Leg Iron Rod In Leg Iron
3-OCT TIGER in Leg 2020 ford edge titanium for sale Iron Rod In Leg Iron Rod In Leg Iron titanium ore Rod In Leg Iron ray ban titanium Rod In Leg Iron ceramic vs titanium flat iron Rod In Leg Iron Rod In Leg Iron does titanium have nickel in it Rod In Leg Iron Rod In Leg Iron Rod In

Copyright © Kisah Inspirasi Hikmah - All Rights Reserved
Beranda | About | Contact | Disclaimer | Privacy Policy